Pages

Saturday, October 27, 2012

Input dan Output

Menurut Donald E. Knuth (1973, p4-6), algoritma memiliki 5 ciri pokok, yaitu:
  1. Finiteness Algoritma harus selalu berakhir setelah melakukan sejumlah langkah berhingga.
  2. Definiteness Setiap langkah dari suatu algoritma harus terdefinisi secara tepat (logis).
  3. Input Suatu algoritma dapat tidak memiliki input, ataupun memiliki satu atau lebih dari satu input.
  4. Output Suatu algoritma harus memiliki paling sedikit satu output.
  5. Effectiveness Algoritma yang dibuat diharapkan efektif, artinya setiap langkah yang hendak dilaksanakan dalam algoritma haruslah sederhana sehingga dapat secara prinsip dilakukan dengan tepat dan dalam waktu yang masuk akal apabila dilakukan secara manual oleh manusia dengan menggunakan pensil dan kertas.
 I. Input

        Input artinya meminta data yang diperlukan dari user. Sebagai contoh, dalam menghitung luas persegi panjang, tentu diperlukan data berupa besarnya panjang dan lebar bangun persegi panjang tersebut. Dengan kata lain, algoritma menentukan luas persegi panjang mempunyai 2 input berupa panjang dan lebar persegi panjang. 
         Algoritma di buku ini menggunakan kata kunci read untuk menginput data. Bentuk penulisannya adalah



       Data yang dapat diinputkan hanyalah data berupa integer, real, char, atau string. Sedangkan data boolean tidak dapat diinputkan menggunakan read. Dalam algoritma, kita tidak perlu memikirkan dari peralatan mana user menginput data, apakah dari mouse, keyboard, scanner, dan lain sebagainya. Hal itu merupakan masalah pemrograman. Pembuat algoritma juga tidak perlu memikirkan masalah tampilan saat penginputan berlangsung.

Contohnya adalah





















2. Output
       Output artinya mencetak informasi yang dihasilkan oleh algoritma. Sebagai contoh dalam algoritma menghitung luas persegi panjang, hasil akhir yang diinginkan adalah luas persegi panjang. Dengan kata lain, algoritma tersebut memiliki satu output yaitu luas persegi panjang. 
       Algoritma dalam buku ini menggunakan kata kunci write untuk mencetak suatu data. Bentuk penulisannya adalah




dimana data dapat berupa suatu data konstan, nama konstanta, ekspresi, maupun suatu variabel.

       Dalam algoritma, kita tidak mempermasalahkan ke peralatan mana data tersebut akan dicetak, karena merupakan masalah pemrograman. Kita juga tidak mempermasalahkan dalam format bagaimana data tersebut dicetak.
       Contoh :

7 comments:

  1. ada yang tau bagaimana penyelesaiannya?
    #include
    /*
    Input : nilai1, nilai2, nilai3 berupa karakter A, B, C, D atau E
    SKS MK1, SKS MK2, SKS MK3
    proses :
    - konversi nilai ke angka (A=4, B=3, C=2, D=1, E=0)
    - Hitung IP
    - Jika 4 sampai atau sama dengan 3.5 maka tampilkan "Cumlaude"
    - Jika tidak jika diatas atau sama dengan 3 maka tampilkan " Memuaskan"
    - Jika tidak jika diatas atau sama dengan 2.5 maka tampilkan "Cukup Memuaskan"
    - Jika tidak jika diatas atau sama dengan 2 maka tampilkan "Kurang Memuaskan"
    - Jika tidak maka tampilkan : "BERBAHAYA"

    */
    int main(){




    }

    ReplyDelete
  2. Jika diberi input a=8 dan b=8 maka output yg dihasilkan adalah?

    ReplyDelete
  3. Buatlah 3 jenis algoritma menggunakan cara kerja / struktur dasar algoritma yang telah di pelajari dengan tema bebas sesuai dengan pengalaman kalian, lalu analisis lah ha-hal berikut:
    Input :
    Proses(Optional jika dibutuhkan) :
    Output :

    percabangan
    Input :
    Selection condition :
    Proses(optional jika di butuhkan) :
    Output :

    Perulangan
    Input/preparation :
    Selection codition (optional jika di butuhkan) :
    Proses(optional jika di butuhkan) :
    Output :

    Lalu rancanglah flowchart di lengkapi dengan bahasa pseudocode berdasarkan hasil
    analisis kalian di kerjakan pada nomor 1

    Flowchart Runtunan :
    Flowchart percabangan :
    Flowchart Perulangan :


    ReplyDelete
    Replies
    1. Buatlah 3 jenis algoritma menggunakan cara kerja / struktur dasar algoritma yang telah di pelajari dengan tema bebas sesuai dengan pengalaman kalian, lalu analisis lah ha-hal berikut:
      Input :
      Proses(Optional jika dibutuhkan) :
      Output :

      percabangan
      Input :
      Selection condition :
      Proses(optional jika di butuhkan) :
      Output :

      Perulangan
      Input/preparation :
      Selection codition (optional jika di butuhkan) :
      Proses(optional jika di butuhkan) :
      Output :

      Lalu rancanglah flowchart di lengkapi dengan bahasa pseudocode berdasarkan hasil
      analisis kalian di kerjakan pada nomor 1

      Flowchart Runtunan :
      Flowchart percabangan :
      Flowchart Perulangan :

      Ada yang tau cara isi ini?

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Slot Machine Live Dealer Casino Site - Lucky Club
    Play luckyclub.live free slot machine games on a huge range of reels, including video slots. Slot machine with free play on reels and cash slots machines.

    ReplyDelete